Kita "bisa" jika NIAT lebih dahulu merasuk PIKIRAN

Kita "bisa" jika NIAT lebih dahulu merasuk PIKIRAN
Diatas putihnya kertas ada coretan tinta hitam yang menjadi arsip perjuangan kita!!!

Kamis, 04 November 2010

Kiat orang tua dalam pengembangkan kreatifitas anak!!!

Berikut ini kiat-kiat yang dapat dilakukan oleh orang tua atau pendidik untuk mengembangkan kepribadian dan kretivitas anak dalam mengendalikan kenakalan anak, yaitu :
1.   Bentuklah pengalaman belajar sesuai rasa ingin tahu alamiah anak, dengan menghadapkan masalah-masalah yang relevan dengan kebutuhan, tujuan dan minat anak.
2.   Perkenenkanlah anak untuk ikut serta dalam menyusun dan merencanakan kegiatan belajar.
3.   Berikanlah pengalaman dari kehidupan nyata yang menuntut peran serta secara aktif pada anak dan kembangkanlah kemampuan yang perlu untuk itu.
4.   Usahakan agar program belajar cukup luwes untuk mendorong siswa atau anak didik melakukan penyelidikan, percobaan (eksperimental) dan penemuan sendiri.
5.   Bertindaklah lebih sebagai sumber belajar dari pada sebagai penyampai informasi, serta jangan paksakan pengetahuan yang belum siap diterima anak.
6.   Dorong dan hargailah inisiatif dan rasa ingin tahu anak terhadap sesuatu.
7.   Biarkan anak belajar dari kesalahannya dan menerima akibatnya. Tentu saja selama tidak berbahaya dan membahayakan.
8.   Hendaklah tidak lupa menghargai dan memuji usaha-usaha baik dari anak.
Penerapan kiat-kiat tersebut tentu saja akan dirasakan sangat penting, apabila kita dapat memahami dunia anak yang diwujudkan oleh anak melalui kenakalan anak pada dasarnya hanya untuk menunjukkan kepribadian dan pengembangan kreativitas anak sebagai bentuk perhatrian dan imajinasinya.

1 komentar:

  1. Seorang anak kecil, apalagi yang masih di usia di bawah tujuh tahun, tentu masih sangat minim pengalaman. Itulah kenapa, anak di usia di bawah tujuh tahun, masih suka melakukan hal-hal yang baru. Bila melihat sesuatu yang baru, pasti mereka cenderung ingin melakukan hal tersebut. Misalnya, pada saat kita sedang memasak, dan menggunakan pisau dengan asyiknya, tidak jarang di dalam benak buah hati kita akan timbul rasa ingin memegang bahkan memainkan pisau tersebut. Lalu bagaimana sikap kita sebagai orang tua agar anak kita bisa terhindar dari bahaya tanpa menghentikan semangat anak untuk mengembangkan kreativitasnya?
    Temukan jawabnnya di:
    http://lagu2anak.blogspot.com/2010/11/biarkan-kreativitas-anak-berkembang.html?utm_source=BP_recent
    Ada banyak lagu2 anak yang bisa memacu anak mengembangkan kreativitasnya..

    BalasHapus