Kita "bisa" jika NIAT lebih dahulu merasuk PIKIRAN

Kita "bisa" jika NIAT lebih dahulu merasuk PIKIRAN
Diatas putihnya kertas ada coretan tinta hitam yang menjadi arsip perjuangan kita!!!

Minggu, 28 November 2010

WIN WIN SOLUTION AJA TIDAK CUKUP!!!

WIN WIN SULUTION SAJA TIDAK CUKUP!!!
Salah satu kunci sukses dalam berhubungan jangka panjang adalah adalah Win-Win solution, baik itu kepada customer, kepada klien, kepada teman atau kepada Boss kita. Win-win solution adalah sama2 menguntungkan. Kalau kita untung orang lain rugi diyakini tidak berjangka panjang, lambat laun hidup kita makin sempit dan terbatas. Teman dan relasi makin menjauh karena kita berkarakter buruk, egois, mau menang sendiri. Kalau kita sebagai karyawan maka kita termasuk jadi benalu, hanya mau gajinya tapi kerjanya tidak menghasilkan. Maka agar bisa jangka panjang harus berprinsip Win-Win. Itu dulu......



Sekarang beda........
Dalam persaingan yang sangat ketat seperti kondisi sekarang ini, kita harus berlomba untuk mendapatkan simpati orang. Baik itu dilakukan oleh perusahaan kepada customernya maupun oleh kita sebagai pribadi dengan Boss kita atau dengan anak buah kita atau dengan relasi kita.

Untuk mamenangkan simpati maka Win-Win saja tidaklah cukup. Kita harus menggunakan prinsip yang baru yaitu:

1. "Win others first then I Win later" , atau
2. "Win others more then I Win less".

WIN OTHERS FIRST THEN I WIN LATER

Maksudnya adalah kita harus menguntungkan orang lain dulu baru kita pasti diuntungkan kemudian. Contoh untuk bisa naik pangkat, maka kita harus menunjukkan kinerja yang hebat dulu, baru Boss memilih kita untuk  naik pangkat.

Bukan dibalik kan?
Kita dinaikkan jabatan atau naik gaji dulu baru kerja lebih giat, tentu bukan begitu. Karena Boss akan memilih orang yang paling siap untuk menduduki jabatan itu.
Intinya KERJA KERAS...

WIN OTHERS MORE THEN I WIN LESS

Maksudnya kalau anda ingin diingat orang lain, berikan lebih banyak dari yang anda terima darinya. Contoh jika anda diberi buah teman seharga 10.000 balaslah dia dengan hadiah yang harganya lebih dari 10.000. Pemberian lebih menimbulkan kesan yang sangat mendalam dibenaknya tentang kebaikan kita, rasa berhutang yang suatu ketika akan harus dibalas.

Dalam konsep marketing jika perusahaan memberikan kepada customer lebih dari yang diharapkan maka akan timbul rasa puas dan customer akan menjadi loyal pada produk kita.

Begitu juga jika anda ingin diingat Boss maka anda musti memberikan yang lebih banyak dari yang ia minta. Anda harus pastikan bahwa kerja anda lebih dahsyat dari bayaran yang anda terima.

Mungkin anda bertanya "Pak tapi saya sudah berbuat begitu kok gaji saya belum naik juga?"

Kalau begitu anda harus bekerja lebih hebat lagi hingga Boss anda benar2 sadar bahwa anda tidak pantas digaji sekecil itu.

Percayalah kalau anda memberikan jauh lebih hebat dari yang anda terima pasti Boss akan tahu. Kalau Boss tidak tahu juga maka dia sangat rugi karena anda bisa dibajak Boss lain yang tahu kehebatan anda.

Tapi anda harus pastikan dulu bahwa anda memang hebat.

Hebat dalam hal apa Pak?

Kalau anda karyawan, hebatnya seorang karyawan adalah:
- Dia menyenangkan Boss dan semua orang yang berhubungan dengannya.
- Dia menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

Bagaimana caranya agar bisa hebat?

Terus belajar, Sering-sering ikut seminar, beli buku2,CD2 Audio, dll.

IKHLAS


Tapi ada yang labih indah dari semua itu kalau kita berbuat baik yang banyak kepada orang lain, insya Allah kita akan mendapatkan rahmatNya. Itulah keberuntungan yang sebenar-benarnya. Allahu a'lam.

OK sampai di sini dulu, sukses ya....
Semoga bermanfaat

Wassalam.

Post By :

Risky Syahputra Pratama Lihu

2 komentar:

  1. its a nice post... I hope u can be a good boss and a good employee...

    but I want, you prove it in class.. I wait it...

    :)

    BalasHapus